My Big Fat Competitor







Pocari Sweat merupakan salah satu minuman pengembali ion tubuh saat kita berolahraga. Pocari Sweat ini diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. Minuman ini pertama kali dijual pada tahun 1980. Di luar Jepang juga dijual pada daerah Asia Timur, Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Pocari Sweat merupakan minuman yang tidak berkarbonat dan diiklankan sebagai "minuman pengganti ion dalam tubuh", yang mana pada saat kita melakukan banyak pekerjaan dalam waktu lama, ion tubuh kita banyak yang hilang, dan Pocari Sweat ini lah penolong kita untuk mengembalikkan semua ion yang telah hilang tersebut. Selain itu, Pocari Sweat ini juga sangat cocok sekali bagi kalian para atlit olahragawan atau pekerja yang sering lupa waktu, dengan minuman ini, kalian tidak perlu takut kehilangan ion tubuh lagi.

Gimana dengan harga? Apakah bersahabat? Tentu saja iya, karena  dengan sebotol pocari dengan range harga Rp 5.000,- sampai Rp 8.000,- kita bisa mendapatkan kembali ion tubuh kita yang hilang saat kita berolahraga ataupun bekerja. Dengan harga segitupun kita bisa merasakan ion-ion pada                                                     tubuh kita kembali lagi.

Lalu tempat? Kemana saja sih kita bisa mendapatkan Pocari Sweat ini? Jangan khawatir, kita bisa mendapatkan Pocari Sweat ini dengan sangat mudah sekali, kita bisa menemukannya pada supermarket, minimarket (seperti Alfamart, Indomaret, Lawson, dan lainnya), dan juga toko kecil / pedagang kaki lima. Lalu gimana dengan penempatan produk Pocari ini? Menurut saya sangat strategis walaupun disaingin oleh berbagai brand isotonik lain, seperti Goodm**d, Nu` Ocean*, Miz*ne. Walaupun diposisikan bersama dengan brand lain, Pocari Sweat tetap dipercaya dapat membantu mengembalikan ion tubuh kita. 





Selanjutnya promotion, yang sering saya lihat, Pocari Sweat ini sering membuat iklan produk nya menggunakan Billboard, menampilkan iklan pada TVC, hingga memasuki ranah Youtube, karena diketahui pengguna youtube yang kian melunjak tinggi. Dalam promosi iklan nya pun, mereka sering kali menampilkan olahragawan yang sedang berlari dengan mengeluarkan banyak keringat (mereka menyebutnya ion tubuh), dan dengan menekankan Pocari Sweat ini dapat menggantikan cairan tubuh kalian yang hilang.





Billboard









TVC (Tv Comercial)













Untuk olahraga dengan intensitas berat, agar tubuh terhidrasi kembali dibutuhkan kadar minuman mengandung ION yang lebih banyak, yaitu sekitar 250 cc. Selain itu, minuman yang menjadi asupan tubuh tersebut harus mengandung karbohidrat, elektrolit dengan konsentrasi 6-8% gula, dan bersuhu dingin, yaitu di bawah 22 derajat Celcius. Hal ini disebabkan karena minuman yang dingin akan lebih cepat diserap dalam lambung.
Itu sebabnya tubuh butuh POCARI SWEAT yang mengandung ION yang bisa membantu mengembalikan cairan tubuh dengan lebih cepat. Ini karena POCARI SWEAT memiliki komposisi yang mirip cairan tubuh sehingga lebih cepat diserap oleh tubuh. 

Dari sisi promosi, pocari sweat menetapkan strategi komunikasi pemasaran yang bersifat edukatif mengandalkan transfer product knowledge pada konsumen, hal ini lah yang masih memegang kunci dalam komunikasi pemesaran dari pocari sweat, yang juga memiliki keunggulan dibanding para pesaing karena kegiatan ini telah lebih dulu dilakukan pocari sweat dengan posisi nya sebagai pelopor 


CARA PENYIMPANAN:
Jangan simpan dalam freezer. Hindari sinar matahari langsung dan suhu tinggi.

KOMPOSISI:
Udara, gula, pengatur keasaman, perisa sitrus, natrium klorida, kalium klorida, kalsium laktat, magnesium karbonat dan antioksidan asam askorbat.

DETAIL LAINNYA :
Pocari sweat adalah minuman isotonik yang dapat diserap tubuh karena osmolaritasnya yang baik dan terdiri dari elekrolit-elektrolit.

TAKARAN PER KEMASAN:
Sajian per kemasan: 5

TAKARAN PER MELAYANI:
Total energi 25kkal. % AKG: lemak total 0g, protein 0g, karbohidrat total 6g, natrium 45mg.

TAKARAN SAJI:

Takaran nilai saji: 100mL



Varian pocari Sweat 

 
Pocari Sweat Original

Pocari Sweat Low Calories


kebanyakan orang masih berpikir bahwa minuman isotonik hanya dibutuhkan oleh mereka yang sakit. Karena itu, iklan Pocari selalu menampilkan anak muda yang sehat dan aktif. Pocari juga mengusung JKT 48 sebagai ikon produk mereka. Karena JKT 48 sepertinya cukup mampu mewakili kaum muda yang aktif dan sehat. Mereka ditampilkan sebagai tokoh muda yang antusias dan aktif. Ikon lain juga mewakili sesuatu yang serupa. Pesan yang disampaikan jelas bahwa minuman itu dimaksudkan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setelah beraktifitas.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBAHASAN SEBUAH MEDIA UNIK , YANG TIDAK BISA DILAKUKAN MEREK LAIN

About Me...

"Kitto Katsu"