How to Motivate Yourself to Change Your Behavior



How to motivate yourself to change your behavior | Tali Sharot | TEDxCambridge


Apa yang membuat kita mengubah tindakan kita? Tali Sharot mengungkapkan tiga bahan untuk melakukan apa yang baik untuk diri sendiri. Tali Sharot adalah seorang pemimpin saraf di University College London dan direktur Affective Brain Lab. Dia adalah anggota fakultas dari departemen Psikologi Eksperimental, Penelitiannya tentang tantangan, motivasi, dan faktor sosial memengaruhi harapan, keputusan, dan ingatan kita.



Dalam vidio tersebut Tali Sharot menjelaskan beberapa contoh dari lingkungan sekitar.

Apa pendapat orang-orang ketika diminta untuk berhenti mengemil snack? lalu ia mendapat jawaban "Hati-hati, nanti kamu akan gemuk". Dan selanjutnya ketika ia bertanya apa yang terjadi jika anak kita merokok? mungkin kamu akan mengatakan padanya, merokok bisa membunuhmu, dan mau gimanapun itu menjadi sebuah masalah besar, Tali Sharot bilang.

segala jenis warning dan semacam nya yang sering kita temui, itu tidak menimbulkan efek yang membuat seseorang untuk langsung mengikuti nya. Seperti ada nya peringatan pada bungkus rokok, yang diharapkan yaitu menurunkan tingkat peminat rokok. Namun pada kenyataan nya pada saat itu orang tetap akan merokok tanpa memperdulikan warning yang sudah di terapkan di mana-mana malah pengguna rokok akan terus bertambah.

lalu ada sebuah contoh seperti "Kakek saya merokok dan sekarang berumur 90 tahun", itu pun seperti menunjukkan pada setiap generasi muda untuk tidak terlalu mengkhawatirkan akibat dari merokok. Warning yang dibuat untuk ditunjukkan tidak berfungsi efektif.

Tali Sharot sudah menguji cobakan pada sebuah tempat dengan beberapa gambar warning, namun hasil nya tidak sama sekali bekerja/efektif, karena otak kita langsung memutar balikkan arti dari gambar tersebut.

Contoh yang lainnya adalah pada sebuah rumah sakit di Amerika Serikat, sebuah kamera dipasang untuk memantau seberapa sering tim medis mensterilkan tangan mereka di rumah sakit sebelum dan sesudah memasuki ruangan pasien. Tim medis tau dengan beberapa kamera yang dipasang namun hanya 1 dari 10 orang yang mensterilkan tangan mereka sebelum dan sesudah memasuki ruangan pasien. Lalu di pasang sebuah papan monitor yang dimana monitor tersebut akan menilai dari setiap tim medis yang mengsterilkan tangannya ketika sebelum atau sesudah aktivitas grafik itu akan perlahan naik, dan dalam waktu yang singkat hasil yang di peroleh begitu menakjubkan grafik naik sebanyak 80-90%.

Percobaan pada anak yang ingin merokok seseorang akan mengatakan, “Apakah kamu tau, bila kamu berhenti merokok, kamu akan menjadi seorang olahragawan”. kata-kata tersebut menunjukkan kemajuan dari warning, bukan penurunan.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari pembicara tersebut ialah :

-Warning yang dibuat untuk menekankan kita untuk tidak melakukannya kurang efektif.

-Orang akan mencari contoh yang baik yang membuat dirinya berfikir bahwa contohnya itu menjadi acuannya.

-Tali Sharot menunjukan bahwa umur bisa mempengaruhi cara berpikir seseorang terhadap tanda warning.

-perubahan seseorang akan lebih cepat berubah ketika kita memberikan reward/imbalan  dibanding hanya dengan sebuah papan warning saja, dengan reward/imbalan dapat mengubah pola pikir seseorang dalam merubah kebiasaannya.


Cara memotivasi diri Anda untuk mengubah perilaku Anda:

1. Insentif sosial (alias bukti sosial)
2. Imbalan langsung (alias gratifikasi instan)
3. Pemantauan Kemajuan (alias Tunjukkan pada mereka Manfaatnya)




iklan layanan masyarakat di Indonesia.




Iklan layanan masyarakat tentang bahaya narkotika biasanya menjelaskan tentang bahaya mengeluarkan obat- obatan terlarang. Memberi memecahkan tentang dampak dan efek yang dapat menghancurkan kehidupan pemakainya dimasa datang. (iklan layanan BNN).

Poster ini memvisualisasikan anak yang menyendiri seperti tidak memiliki kebebasan, tidak memiliki gairah hidup seperti pada anak-anak umumnya, headline nya bertuliskan "SELAMATKAN ANAK-ANAK KITA DARI BAHAYANYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA" dan tulisan yang di tekankan pada warna merah memberikan pesan efek dari penggunaan narkoba bukan untuk yang memakainya saja tapi dampaknya akan berpengaruh pada orang-orang di sekitar walaupun anak-anak sekali pun. 

Masyarakat seringkali merasa bosan denga iklan layanan masyarakat yang mentitik fokuskan pada dampak negatif yang diberikan, iklan tersebut memiliki unsur yang hampir sama pada setiap iklan yang lain. 


Re-design Poster





Poster ini merupakan hasil re-design saya untuk iklan layanan masyarakat yang memfokuskan pada penyalah gunaan narkoba. Saya membuatnya dalam bentuk vector, dengan memvisualisasikan ke 3 anak yang sedang meloncat bebas dengan ekspresi wajah yang happy dengan background taman yang luas agar mereka bebas melakukan apapun yang mereka mau, Dengan  headline "TERIMAKASIH SUDAH MELINDUNGI KAMI", yang memiliki makna anak-anak akan lebih terlindung ketika kita menjauhi narkoba.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBAHASAN SEBUAH MEDIA UNIK , YANG TIDAK BISA DILAKUKAN MEREK LAIN

About Me...

"Kitto Katsu"